Pengaruh Metode Keseluruhan Dan Metode Bagian Terhadap Keterampilan Servis Forehand Tenis Meja

Authors

  • sony hasmarita STKIP PASUNDAN CIMAHI

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v4i1.143

Keywords:

metode keseluruhan, metode bagian, servis forehand, tenis meja

Abstract

Tujuan dari penelitian ini penulis ingin mengetahui pengaruh metode belajar dengan metode keseluruhan dan metode bagian terhadap hasil keterampilan servis forehand tenis meja di SDN Girimukti 4, serta perbedaan pengaruh kedua varaibel tersebut.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, instrumen penelitian atau alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan servis forehand dalam permainan tenis meja . Populasi dan partisipan yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SDN Girimukti 4 berjumlah 50 siswa sedangkan partisipan berjumlah 30 siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler tenis meja .Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data belajar dengan metode keseluruhan dan metode bagian dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil keterampilan servis forehand dalam permainan tenis meja,serta pengaruh kedua varaibel tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Hasil dari perbedaan tersebut adalah belajar dengan metode keseluruhan pretes 49,97 dan postes 56,43 sedangkan metode bagian pretes 45,97 dan postes 55,00. Dapat di simpulkan metode keseluruahn memiliki efektifitas yang lebih baik dibandingkan dengan metode bagian.

Published

2022-04-30