Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Siswa Melalui Permainan Tradisional Galah Asin

Authors

  • Ali Budiman STKIP Pasundan
  • Dewi STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v4i1.144

Keywords:

gerak lokomotor, permainan tradisional galah asin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar peningkatan keterampilan gerak lokomotor melalui permainan tradisional galah asin. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen kuantitatif dan menggunakan desain penelitian One Group Pre-test-Posttest Design. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen TGMD-2 Test Of Gross Motor Development. Dalam penelitian ini populasi yang terlibat yaitu 209 orang dan peneliti mengambil sampel sebanyak 34 orang dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari hasil penelitian ini mengalami peningkatan dengan nilai pretest tertinggi 39 dan nilai terendah 17 sesudah diberi pembelajaran atau perlakuan naik menjadi posttest nilai tertinggi 48 dan terendah 42. Dengan nilai rata-rata 45,59 maka disimpulkan bahwa keterampilan gerak lokomotor siswa melalui permainan tradisional galah asin kepada 34 peserta didik dapat meningkatkan keterampilan gerak lokomotor selain itu siswa dapat memahami gerakan dasar dari gerak lokomotor, bermanfaat bagi pendidik dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, peserta didik dapat mengenal atau memahami permainan tradisional galah asin dan peserta didik lebih banyak bergerak.

Published

2022-04-30