Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Passing Bawah Bola Voli

Authors

  • Rama adha Septiana STKIP Pasundan
  • Faisal Gustiana Komara STKIP Pasundan
  • Handaka Wiguna DISPORA Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v4i1.148

Keywords:

pembelajaran kooperatif, team Assisted Individualization, passing bawah, bola voli

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif team assisted individualization dapat meningkatkan kemampuan passing bawah bola voli siswa sman 1 batujajar. Metode dalam penelitian ini merupakan eksperimen terbimbing, di mana segala sesuatu yang diperlukan pada percobaan telah direncanakan oleh guru. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi ips sman 1 batujajar yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 175 siswa. sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi ips 3 sman 1 batujajar yang berjumlah 35 siswa. instrumen dalam penelitian ini menggunakan penilaian penguasaan gerak passing bawah bola voli. untuk memperoleh data hasil belajar passing bawah menggunakan model pembelajaran kooperatif team assisted individualization pada siswa sman 1 batujajar, maka di lakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) menggunakan uji t dengan bantuan software ibm spss statistic version 22. hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa yang belum mendapatkan perlakuan model pembelajaran kooperatif team assisted individualization dengan yang telah mendapatkan perlakuan model pembelajaran kooperatif team assisted individualization siswa kelas xi ips 3 sman 1 batujajar dalam peningkatan kemampuan passing bawah bola voli.

Published

2022-04-30