Analisis Kebutuhan (Need Analysis) untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Khusus (ESP) bagi Mahasiswa Pendidikan Olahraga

Authors

  • Alviaderi Novianti STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v3i1.115

Keywords:

Bahasa Inggris khusus (ESP), analisis kebutuhan, pendidikan jasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat materi Bahasa Inggris khusus (ESP) yang ideal bagi mahasiswa program studi pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi (PJKR) di STKIP Pasundan. Pada saat ini, mahasiswa (partisipan penelitian) mempelajaran Bahasa Inggris umum (General English/GE). Keadaan ini mengarahkan penulis untuk mengetahu kebutuhan pembelajaran Bahasa Inggris khusus bagi mahasiswa pendidikan olahraga. Studi kasus ini melibatkan 34 mahasiswa program studi PJKR sebagai partisipan penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Instrument penelitian tersebut mencakup topik pembelajaran pada mata kuliah ESP for PE dan metode pembelajarannya. Data yang terkumpul, kemudian diolah secara kualitatif. Data hasil menunjukkan bahwa mahasiswa PJKR membutuhkan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu dalam sejumlah konteks. Para mahasiswa program studi PJKR membutuhkan Bahasa Inggris untuk mendukung profesi mereka kedepannya – diantara sebagai guru pendidikan jasmani, pelatih professional, wasit professional, atlet professional, dan jurnalistik keolahragaan. Pentingnya pembelajaran ESP pada penelitian ini diimplikasikan sebagai hasil dari penelitian.

Published

2021-04-20