Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Rama adha Septiana STKIP Pasundan
  • Sony Hasmarita STKIP Pasundan
  • Diky Hadyansah STKIP Pasundan
  • Vicki Ahmad Karisman STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v3i2.129

Keywords:

Motivasi belajar, Pembelajaran Penjasorkes, Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri 1 Cipaisan selama masa pandemi covid-19 belum mengalami perubahan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri 1 Cipaisan dan untuk mengetahui tingkat motivasi internal dan motivasi eksternal peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di masa pandemic covid-19 di SD Negeri 1 Cipaisan. Penelitian ini merupakan penelitian desktiptif kuantitatif menggunakan metode survey. Penelitian ini menggunakan Teknik Sampling Total, Sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Cipaisan yang berjumlah 29 peserta didik. Instrument yang digunakan berupa angket dengan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan Product Moment dengan butir pernyataan yang valid adalah 19 butir pertanyaan. Analisis data digunakan analisis statistic deksriptif dengan presentase. Hasil Penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di masa pandemi covid- 19 di SD Negeri 1 Cipaisan dalam kategori rendah sebanyak 10%, kategori sedang sebanyak 73% dan kategori tinggi sebanyak 17%.

Published

2021-10-27