Penerapan Evaluasi Pembelajaran Penjas secara Daring Tingkat SMP Selama Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nancy Trisari Schiff stkip pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v3i2.138

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Penjas, Daring

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan oleh guru tingkat SMP selama pandemi yang mencakup Model, Jenis, Cara dan Media yang digunakan selama pandemi covid-19. Metode yang digunakan ialah Deskriptif kuantitatif dengan bentuk Survey. Populasi pada penelitian ini adalah 20 orang tenaga pendidik di kota Bandung bagian wilayah Bandung Barat. Instrumen yang digunakan ialah berupa angket kuesioner yang dibuat melalui Google Form dan disebarkan dengan bantuan Whatsapp Group. Hasil analisis dari keseluruhan indikator dalam penerapan evaluasi pembelajaran penjas secara daring dimasa covid-19 ini menunjukan bahwa 13% memiliki kategori tinggi, 67% memiliki kategori sedang, dan 20% memiliki kategori rendah. Melihat hasil persentase frekuensi pada kategori sedang memilki posisi teratas dibanding kedua kategori lainnya, hal ini menunjukan bahwa penerapan evaluasi pembelajaran penjas secara daring yang mencakup model, jenis, cara, dan media adalah sedang. Dan secara keseluruhan dari empat indikator menunjukan penerapan evaluasi pembelajaran penjas tingkat SMP secara daring memiliki kategori sedang, dengan penjabaran 13% dari 2 responden memiliki kategori tinggi, 67% dari 10 responden memiliki kategori sedang, dan 20% dari 3 responden memiliki kategori rendah.

Published

2021-10-27 — Updated on 2021-10-27