Pengembangan Model Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli dengan Pendekatan Bermain

Authors

  • aep rohendi STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v4i1.145

Keywords:

Model pembelajaran passing bawah, bola voli, Pendekatan bermain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Bandung Barat. Metode yang digunakan untuk mengungkap permasalahan ini adalah metode pengembangan Research & develoment (R & D) dari Borg dan Gall.  Sampel penelitian ini berjumlah 80 orang siswa, 40 orang sebagai kelompok kontrol dan 40 orang sebagai kelompok eksperimen.  Berdasarkan perhitungan indeks gain, didapatkan bahwa gain untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0,705.  Nilai ini diinterpretasikan termasuk kategori tinggi.  Dengan kata lain kemampuan siswa pada dapat meningkat setelah diberikan pembelajaran passing bawah bola voli dengan pendekatan bermain (Model AfR).

Published

2022-04-30