Efektivitas Penggunaan Metode Permainan Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Gumilar Mulya Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.18

Keywords:

metode permainan, kebugaran jasmani, sekolah dasar, pendidikan jasmani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas dari metode permainan terhadap kebugaran jasmani Siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode eksperimen, Sampel terdiri dari 60 orang siswa dari total populasi 120 orang dengan teknik pengambilan sampling yang digunakan ialah Purposive sampling. Usia rata-rata peserta adalah 11-12 tahun. Pengumpulan data menggunakan tes awal dan tes akhir berupa Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS Seri 19, dengan Langkah-langkah seperti menguji Normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov, Uji hipotesis menggunakan Uji Indefendent Sample T-Test (apabila data berdistribusi normal dan apabila data tidak normal menggunakan Wilcoxon). Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa, metode permainan memberikan efektivitas yang signifikan dengan memberikan sumbangsih persentase 51,6 % terhadap kebugaran jasmani Siswa Sekolah Dasar.

Published

2020-04-30 — Updated on 2020-04-30