Implementasi model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kreativitas gerakan jurus prasetya

Authors

  • Nancy Trisari Schiff STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.19

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning, Jurus Prasetya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam mempelajari jurus prasetya pencak silat dengan menerapkan model pembelajaran project based learning. Metode penelitian eksperimen. Populasi mahasiswa PJKR STKIP Pasundan dengan sample sebanyak 30 mahasiswa kelas 3E menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian menggunkan angket kreativitas. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Paired Sample T-test. Hasil penelitian dari pembelajaran pencak silat jurus prasetya dengan menerapkan model project based learning yang dilihat dari proses pembelajaran menunjukkan bahwa kreativitas mahasiswa meningkat dari observasi awal yang memiliki nilai rata-rata minimal sebesar 2,39 dan nilai rata-rata maksimal sebesar 3,58 dan saat dilakukan tes akhir menggunakan angket kreativitas yang sama hasilnya menjadi meningkat signifikan dengan nilai rata-rata minimal 3,30 dan hasil nilai rata-rata maksimal sebesar 4,36. Kesimpulan penelitian model pembelajaran project based learning meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam proses pembelajaran pencak silat jurus prasetya.

Published

2020-04-30 — Updated on 2020-08-21