Pengembangan Model Pembelajaran Passing Atas Bola Voli Berbasis Permainan

Authors

  • Aep Rohendi STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v1i1.2

Keywords:

Pembelajaran Passing Atas Bola Voli, Pengembangan Model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Passing atas di STKIP Pasundan Cimahi. Metode yang digunakan untuk mengungkap permasalahan ini adalah metode model pengembangan Research & develoment (R & D) dari Borg dan Gall. Sampel penelitian ini berjumlah 80 orang siswa, 40 orang sebagai kelompok control dan 40 orang sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini telah menjawab tentang efektifitas dari penghitungan diperoleh nilai F-hitung untuk kelas kontrol adalah 1,541 dan F-tabel = 4.091. F-hitung untuk kelas eksperimen adalah 1,017 dan F-tabel = 4,091 sehingga dapat dinyatakan bahwa data tes awal dan tes akhir kelas eksperimen itu homogen. Berdasarkan perhitungan indeks gain, didapatkan bahwa gain untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0,705. Nilai ini diinterpretasikan termasuk kategori tinggi. Dengan kata lain kemampuan siswa pada dapat meningkat setelah diberikan pembelajaran Passing atas bola voli berbasis permainan.

Published

2019-04-30 — Updated on 2020-05-03

Versions