Validasi instrumen sport orientation questionnaire untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan Sederajat

Authors

  • Agi Ginanjar STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.22

Keywords:

Validasi, orientasi olahraga, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memvalidasi Sport Orientation Questionnaire (SOQ) pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif. Partisipan menggunakan 125 siswa SMK (95 laki-laki dan 30 perempuan). Teknik analisis data dengan menggunakan analisis faktor konfirmatori. Hasil penelitian menyatakan bahwa SOQ diindikasikan diterima sehingga model persamaan struktural adalah baik dengan sebanyak 16 item yang digunakan. Sehingga sebisa mungkin untuk mengukur orientasi olahraga siswa SMK sederajat agar mengetahui orientasi olahraga siswa dapat menggunakan SOQ dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani yang menggunakan kompetisi sebagai strategi pembelajarannya.

Published

2020-04-30 — Updated on 2020-04-30