Kontribusi aktifitas fisik, kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani

Authors

  • Pulung Riyanto Universitas Musamsus

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.31

Keywords:

Aktivitas fisik, Kebugaran jasmani, hasil belajar

Abstract

Hasil belajar siswa tidak hanya ditentukan oleh kemampuan intelegensi siswa saja, aktifitas fisik dan kebuagaran jasmani siswa juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Di zaman modern ini banyak sekali penelitian yang mengkaji tentang pentingnya aktifitas fisk dan kebuagaran jasmani terhadap hasil belajar dalam Pendidikan jasmani. Penelitian menggunakan penelitian korelasi. Instruman yang digunakan dalam mengukur aktifitas fisik dengan menggunakan International Physical Activity Questionnaire (IPAQ), sedangkan untuk mengukur kebugaran jasmani menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Hasil belajar siswa di pengaruhi oleh kebuagaran jasmani dan aktifitas fisik siswa. Pengaruh yang diberikan aktifitas fisik tidak hanya bersifat sementara akan tetapi bersifat jangka Panjang. Guna mempertahankan hasil belajar dalam Pendidikan Jasmani maka seorang guru harus bisa memberikan aktifitas fisik yang terprogram dan menjaga kebugaran jasmani siswa.

Published

2020-04-30