Mengembangkan self-esteem siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (team games tournament)

Authors

  • Budiman STKIP Pasundan
  • Alvi Dwi Januar Kusmantara STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.38

Keywords:

self-esteem, model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (team games tournament) terhadap self-esteem siwa di SMA Pasundan Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain The Randomized pre-test-posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dan siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional (direct instruction). Instrumen yang digunakan menggunakan angket yang berjumlah 92 pernyataan. Dari analisis data yang didapat hasil t hitung untuk kelas eksperimen sebesar 5,166 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,060 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament untuk peningkatan self-esteem siswa yang berarti hipotesis diterima. Sedangkan t hitung yang didapat dari kelas kontrol sebesar 2,156 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,060 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran konvensional (direct instruction) untuk peningkatan self esteem siswa yang berarti hipotesis ditolak.

Published

2020-04-30