Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Lompat Jangkit
DOI:
https://doi.org/10.37742/jpoe.v1i2.39Keywords:
Permainan Tradisional, hasil belajar, lompat jangkitAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan tradisional terhadap
hasil belajar lompat jangkit pada siswa di SMK TI Garuda Nusantara Kota Cimahi. Metode
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen, dengan desain
penelitian yang digunakan adalah “One Group Pre Test Post Test”. Populasi peneletian ini adalah
siswa SMK TI Garuda Nusantara kelas XI berjumlah 30 siswa. Teknik Sampling yang digunakan
adalah Total Sampling. Maka sample dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Hasil perhitungan
data dari 30 siswa maka nilai rata-rata 4,65, nilai maksimal 5,32, nilai minimal 4,11, standar deviasi
0,30, variansi 0,09, simpangan baku 0,24. Hasil data analisis menunjukan thitung lebih kecil dari ttabel
sebesar 10,789 > 1.662 dan memiliki nilai Sig-nya sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hal ini
menunjukkan bahwa pengujian ini mendukung hipotesis Ha diterima dengan thitung lebih besar dari
ttabel, dengan nilai 10,789 > 1.662 akibatnya Permainan Tradisional berpengaruh positif terhadap
Hasil Belajar Lompat Jangkit.