Meningkatkan Sikap Bertanggung Jawab Melalui Penerapan Model Hellison dalam Pembelajaran Penjas

Authors

  • Deswita Supriatni STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v1i1.8

Keywords:

model hellison dan sikap tanggung jawab.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan sikap tanggung jawab siswa di SMK TIK Yadika Cicalengka melalui penerapan model hellison dalam pembelajaran penjas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one grup pretest- posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang diambil secara cluster random sampling pada siswa kelas XI di SMK TIK Yadika Cicalengka. Penelitian dilakukan 1 kali pertemuan setiap minggunya selama 8 minggu. Instrumen yang digunakan adalah angket tanggung jawab. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 24 melalui Uji-t Paired Samples. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, karena nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model hellison dalam pembelajaran penjas dapat meningkatkan sikap betanggung jawab siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model hellison dalam pembelajaran penjas dapat berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan sikap tanggung jawab siswa di SMK TIK Yadika Cicalengka.

Downloads

Published

2019-04-30 — Updated on 2020-05-03

Versions