Pengaruh Latihan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Smash Dalam Permainan Bola Voli

Authors

  • Heru sulistiadinata stkip pasundan
  • M yogi aditya

DOI:

https://doi.org/10.37742/jpoe.v3i1.96

Keywords:

kemampuan smash, kekuatan otot lengan, bola voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan kekuatan otot lengan terhadap hasil kemampuan smash dalam permainan bola voli di SMPN 1 BOJONGPICUNG. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan pre-test dan post-test.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan sampel penelitian berjumlah 30 siswa. Instrument tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pull-up dan tes akurasi smash. Analisis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan kekuatan otot lengan terhadap hasil kemampuan smash dalam permainan bola voli di SMPN 1 BOJONGPICUNG. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan pre-test dan post-test.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan sampel penelitian berjumlah 30 siswa. Instrument tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pull-up dan tes akurasi smash. Analisis data dengan cara statistik deskriptif dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 15 siswa dengan latihan kekuatan otot lengan sebesar 5,6%, sedangkan peningkatan pemain yang tidak menggunakan latihan kekuatan otot lengan sebesar 3,8%., maka latihan kekuatan otot lengan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil kemampuan smash dalam permainan bola voli.

Kata kunci : Kemampuan Smash, Pengaruh Latihan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Smash Dalam Permainan Bola Voli.

data dengan cara statistik deskriptif dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 15 siswa dengan latihan kekuatan otot lengan sebesar 5,6%, sedangkan peningkatan pemain yang tidak menggunakan latihan kekuatan otot lengan sebesar 3,8%., maka latihan kekuatan otot lengan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil kemampuan smash dalam permainan bola voli.

Kata kunci : Kemampuan Smash, Pengaruh Latihan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Smash Dalam Permainan Bola Voli.

Published

2021-04-20 — Updated on 2021-04-23